Definisi
Komputer berasal dari bahasa latin computare
yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu
komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan
termininologi komputer.
• Menurut Hamacher
[1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat
menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program
yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
• Menurut Blissmer
[2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa
tugas sebagai berikut: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan
programnya - menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan -
menyediakan output dalam bentuk informasi
• Sedangan Fuori
[3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat
melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan
operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data
untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer
system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga
sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware)
yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Hardware atau Perangkat
Keras: peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa djamah.
2. Software atau Perangkat
Lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan
data.
3. Brainware: manusia yang
mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.
Penggolongan Komputer
Literatur terbaru tentang komputer melakukan penggolongan komputer
berdasarkan tigal hal: data yang diolah, penggunaan, kapasitas/ukurannya,
dan generasinya.
Berdasarkan Data Yang Diolah
1. Komputer Analog
2. Komputer Digital
3. Komputer Hybrid
Berdasarkan Penggunannya
1. Komputer Untuk Tujuan Khusus (Special Purpose
Computer)
2. Komputer Untuk Tujuan Umum (General Purpose
Computer)
Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya
1. Komputer Mikro (Micro Computer)
2. Komputer Mini (Mini Computer)
3. Komputer Kecil (Small Computer)
4. Komputer Menengah (Medium Computer)
5. Komputer Besar (Large Computer)
6. Komputer Super (Super Computer)
KOMPUTER MIKRO (MICROCOMPUTER)
Penggunaan komputer mikro pada umumnya untuk :
- Payroll
- Kontrol persediaan
- Merchandising and selling
- Pengendalian produksi
- Pembiayaan kerja
- Saving and retrieval
- Word processing
- Spreadsheet, dll
Software Aplikasi : Dbase, Excel, Word, Access, dll
Kegunaan ganda : Stand Alone dan terminal
Keunggulan :
1. Relatif murah
2. Paket software murah dan banyak.
3. User friendly
4. Biaya maintenance kecil
5. Bagian dari proses terdidtribusi
Kelemahan :
1. Multitasking kurang
2. Storage dan memori terbatas
3. Sistem lebih kecil (bahasa terbatas)
4. Software banyak bajakan
5. Rentan terhadap penduplikasian data
KOMPUTER MINI (MINI COMPUTER)
Biasa digunakan pada aktivitas perbankan, bisnis eceran, asuransi
jiwa, Stock exchange, dll.
Software aplikasi ditulis oleh programmer untuk keperluan spesifik
atau konversi dari software aplikasi “mikro”.
Kegunaan ganda : Stand alone dan Host terminal
Keunggulan dan kelemahan :
1. Lebih mahal dari mikro, tetapi jauh lebih
murah dari komputer besar.
2. Software system sebanding dengan komputer
besar, tetapi tidak seluas aplikasi software pada mikro.
3. Storage dan memori lebih besar daripada mikro.
4. Multiuser dan jaringan komputer yang selalu up
to date (pada proses terdistribusi) dan integritas proses data lokal.
KOMPUTER BESAR (LARGE COMPUTER)
Penggunaan komputer besar bisa kita jumpai pada sistem booking
pesawat, sistem lalu lintas udara atau sistem organisasi koorporasi besar.
Software sistem : Real time (akurat dan up to date)
Aspek Real Time :
1. Waktu respon (dari input sampai ditampilkan)
2. Pola “traffic” (volume data, waktu input, tempat)
3. Reliabilitas (kehandalan) tinggi, untuk:
a. Perlindungan program
b. Keamanan file
c. Mesin cadangan (back up otomatis)
d. Keamanan informasi dalam disk (kode)
Berdasarkan Generasinya
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer Generasi Kelima
PERKEMBANGAN PENGOLAHAN
DATA
(DATA PROCESSING
EVOLUTION)
Menurut Cyrus Gibson dan Richard Noland :
Gambar Evolusi Pengolahan Data Mengikuti Kurva S
TAHAP
1
Penghematan biaya
TAHAP 2
Perluasan aplikasi
TAHAP
3
Aplikasi baru : pengendalian
TAHAP
4
Aplikasi basis data
Daftar gaji
Penerimaan
Pengeluaran tagihan
Aliran uang
Pendanaan
Ramalan
Inventaris
Penjualan
Kendali pembelian
Model simulasi
Akses data (on-line)
TAHAP 1 :
o
Tujuan : Penghematan biaya
o
Merupakan tahap awal bahwa tugas manusia digantikan oleh komputer.
TAHAP 2 :
o
Perluasan aplikasi (konsekuensi logis dari penggunaan komputer)
o
Karena tugas manusia telah digantikan oleh komputer maka tenaga
manusia dialihkan ke service, pengendalian dan evaluasi imformasi.
TAHAP 3 :
o
Pengendalian (pembelian)
o
Pengembangan aplikasi untuk bidang yang belum tersentuh/skala kecil
TAHAP 4 :
o
Basis data (akses on-line)
o
Simulasi (mempelajari faktor kritis pada proses produksi midalnya
dilakukan peramalan)
Akibat lain dengan adanya evolusi pengolahan data
yaitu munculnya profesi-profesi baru seperti system programmer, spesialis
komunikasi data, spesialis basis data, dll)
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
(SIM)
Definisi SIM secara umum :
Sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu
(integrated), untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi,
manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
Konsep Sistem Manusia/Mesin :
♥ Sebagian tugas sebaiknya dilaksanakan oleh
manusia, dan lainnya sebaiknya dilakukan oleh mesin.
♥ Sebuah sistem gabungan dengan hasil yang
diperoleh melalui serangkaian dialog dan interaksi antara komputer dan seorang
manusia pengolah.
♥ Perancang sebuah SIM harus memahami kemampuan
manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam mengambil
keputusan.
Tingkatan manajemen :
1. Tingkat Perencanaan startegis
2. Tingkat Pengendalian manajemen
3. Tingkat Pengendalian Operasional
SIM
SIM=Sebuah sistem informasi keorganisasian yang
mendukung bukan hanya operasi tetapi juga mendukung proses-proses manajemen.
Setiap SIM melaksanakan pengolahan transaksi.
Sebuah sistem pengolahan database dianggap
sebagai SIM bila disertai suatu database sederhana, kemampuan menemukan
kembali, dan satu atau dua model perencanaan atau keputusan.
Jawaban seketika adalah suatu peningkatan dan
bukan suatu kebutuhan mutlak dalam kebanyakan keadaan.
Model-model sederhana kerap kali berguna dan
lebih banyak disukai, tergantung pada organisasi dan pengalaman para
eksekutifnya dalam menggunakan model-model tersebut
SIM menggunakan :
Perangkat keras (hardware)
Perangkat lunak (software)
Prosedur pedoman
Model manajemen dan keputusan
Database
Macam-macam laporan yang dihasilkan oleh SIM,
antara lain yaitu :
1. Laporan Periodik
Laporan yang dihasilkan dalam selang waktu
tertentu seperti harian, mingguan, bulanan, kwartalan, ddan sebagainya.
2. Laporan Ikhtisar
Laporan yang memberikan ringkasan terhadap
sejumlah data/informasi.
3. Laporan Perkecualian
Laporan yang hanya muncul apabila terjadi keadaan
yang tidak normal. Sebagai contoh manajer pembelian memerlukan laporan
pengiriman barang dari pemasok yang sudah terlambat 1 minggu.
Laporan ini hanya akan muncul apabila keadaan
yang diminta sudah terpenuhi.
4. Laporan Perbandingan
Laporan yang menunjukkan 2 atau lebih himpunan
informasi yang serupa dengan maksud untuk dibandingkan.
PENGOLAHAN DATA TERDISTRIBUSI
Keuntungannya :
a. Memungkinkan dicapainya tujuan berbeda di
masing-masing unit.
b. Pengelola dapat mengontrol kebutuhan data .
c. Informasi beraneka ragam.
Kerugiannya :
a. Sulit menjaga integritas data dalam SIM.
b. Arsip data pusat kurang mutakhir.
c. Penyebaran informasi harus melalui birokrasi,
kompetisi dan koordinasi.
d. Penggunaan sumber daya meningkat.
SISTEM OTOMASI
PERKANTORAN
Sistem otomasi perkantoran atau terkadang disebut
sistem informasi perkantoran (office information system atau OIS) adalah
:
Sistem yang memberikan fasilitas tugas-tugas
pemrosesan informasi sehari-hari didalam perkantoran dan organisasi bisnis.
Sistem ini menyediakan aneka ragam perangkat
untuk pemrosesan informasi, seperti pengolah lembar kerja (spreadsheet),
pengolah kata (word processor), pengolah grafik, aplikasi presentasi,
pengaksesan basis data personal, surat elektronik (email), surat
bersuara (voice mail), dan teleconference. Pengguna sistem ini pada
prinsipnya adalah semua personil dalam organisasi, baik staf maupun yang masuk
kategori level manajemen.
Contoh pengguna perangkat-perangkat yang
mendukung otomasi perkantoran :
Pengolah lembar kerja digunakan menganalisa
berbagai kemungkinan harga.
Pengolah kata dipakai untuk membuat kontrak
penjualan.
Surat elektronik untuk memberikan deskripsi
produk kepada calon pelanggan.
Video konferensi digunakan untuk melakukan
pertemuan virtual jarak jauh untuk melakukan koordinasi sejumlah orang yang
berada diberbagai tempat yang berjauhan. Dalam hal ini, wajah para anggota (member)
dapat terlihat dalam monitor.
Sistem ini sering kali dikatakan dapat mendukung
kantor tanpa kerta (paperless office). Artinya, semua yang berbau
dokumen kertas dapat dihilangkan.
11 Aplikasi Otomatisasi Perkantoran :
a. Pengolah Kata (Word Processing)
b. Surat Elektronik (Electronic Mail)
c. Surat Bersuara (Voice Mail)
d. Kalender Elektronik (Electronic Calendaring)
e. Konferensi Suara (Audio Conferencing)
f. Konferensi Video (Video Conferencing)
g. Konferensi Komputer (Computer Conferencing)
h. Facsimile (FAX)
i. Videotext
j. Pencitraan (Imaging)
k. Desktop Publishing
KOMPUTER & PENDIDIKAN
Komputer merupakan alat bantu
manusia dalam melakukan segala hal, baik dalam membatu pekerjaan maupun dalam
hal pendidikan. Dan komputer pun menjadi tidak bias di pisahkan lagi dalam
kehidupan kita sehari-hari, karna dengan komputer memudahkan kita dalam
melakukan suatu kegiatan.
* PERKEMBANGANNYA
DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi
karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi
sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal
pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses
belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai
Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut
masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi,
menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan
siswa. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan
interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan
belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki
keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan
tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait
dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer
mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi
membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah
bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba
adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment”
yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan).
Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai
kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf
motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau
gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung
perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi
anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan
ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan
jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari
internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil
dan menyimpan informasi (download).
Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference”
(Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas
di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar,
kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.
* MANFAATNYA
DALAM DUNIA PENDIDIKAN
Komputer dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk
membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan
diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak
sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu
menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh
pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bias
berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak
jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD.
Manfaat komputer di bidang pendidikan banyak
sekali diantaranya :
1. Sebagai alat presentasi
1. Sebagai alat presentasi
Dengan bantuan sebuah proyektor
kini komputer jinjing dapat digunakan sebagai alat untuk
mempresentasikan sebuah ide ataupun gagasan, biasanya banyak digunakan siswa
yang mempresentasikan hasil penelitian ataupun tugas-tugas mereka.
2. Sebagai pengganti mesin ketik
Sekitar tahun delapan puluhan sampai
dengan tahun sembilan puluhan mesin ketik masih menjadi andalan dalam menulis
laporan ataupun menulis buku , namun disekitar akhir tahun sembilan puluhan
kini posisinya digantikan dengan komputer yang dikenal lebih simple dan lebih
efektif.
3. Sebagai alat hitung
3. Sebagai alat hitung
Di dalam komputer tentunya akan
sangat mudah dalam menghitung angka angka , banyak sekali angkuntan yang
menggunakan ms . excel dalam menghitung baik jumlah , rata rata dan juga
pembagian. Dan biasanya sering digunakan oleh para pengajar untuk mendata siswa
ataupun nilai-nilai mereka.
4. Sebagai media komunikasi dan Informasi
Internet adalah
satuan dari kumpulan seluruh komputer di dunia yang saling terhubung antara
satu dengan yang lain. Sehingga untuk berkomunikasi ataupun mencari informasi
ataupun data menjadi lebih mudah. Seperti dengan adanya “Teleconference”
(Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) yang memungkinkan untuk
melakukan kegiatan belajar mengajar tanpa adanya tatap muka langsung. Dan
dengan adanya banyaknya situs pencarian seperti “Google” memudahkan kita dalam
mencari informasi ataupun data. Ditambah dengan munculnya media massa,
khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari
hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
5. Sebagai alat managemen
Dengan adanya komputer
mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum
pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat
daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan
membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah.
Karna sebab-sebab itulah pendidikan tentang komputer
itu sangat diperlukan dan harus mulai di ajarkan sejak dini, karna teknologi
berkembang dengan sangat pesat. Tetapi dalam pemanfaatan teknologi ini memang
harus dapat di control, karna bukan hannya ada efek positifnya saja tetapi
pasti ada efek negatifnya.
Memang sangat di sayangkan hal yang sebaik ini
digunakan untuk hal-hal yang tidak benar, padahal banyak sekali hal-hal yang
lebih berguna dan bermanfaat yang bisa kita peroleh dari komputer . Dan ini
membuktikan bahwa para pelajar belum bisa memanfaatkan dengan baik kemajuan
teknologi ini
Terimakasih infonya, artikel ini sangat bermanfaat.
BalasHapusPerkenalkan nama saya Muhammad Izzan 1511500096 dari kampus STMIK ATMA LUHUR Pangkalpinang, kunjungi website kami di https://www.atmaluhur.ac.id/