Minggu, 27 November 2016

Flowchart Pendeteksian Tulisan


Pada postingan ini, saya akan membahas mengenai flowchart pada penerapan sistem cerdas dalam mendeteksi tulisan tangan seseorang. Sebelum membahas lebih dalam, terlebih dahulu saya akan menjelaskan pengertian dari flowchart dan sistem cerdas.
Flowchart merupakan bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masalah. Flowchart merupakan cara penyajian dari suatu algoritma. Tujuan utama dari penggunaan Flowchart adalah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah secara sederhana, terurai, rapi dan jelas dengan menggunakan simbol-simbol yang standar. Tahap penyelesaian masalah yang disajikan harus jelas, sederhana, efektif dan tepat.
Sistem cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan. Kecerdasan inilah yang diciptakan untuk kemudian dimasukkan ke dalam suatu mesin atau komputer. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir layaknya manusia. Sistem ini juga dibuat agar dapat berperilaku seperti manusia, juga mampu menyerap pengalaman dan mampu bertindak berdasarkan pengalaman tersebut, sehingga sistem ini seolah-olah mempunyai kehendak sendiri dan mampu berpikir seperti halnya manusia.
Berdasarkan uraian diatas, pembahasan mengenai flowchart pada penerapan sistem cerdas ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian suatu tulisan dengan orang yang menulisnya. Kesesuaian antara tulisan dan penulisnya dilihat berdasarkan bentuk, ukuran, tekanan, dan kecepatan dari tulisan tersebut. Dalam pembuatan flowchart ini menggunakan suatu database, dimana didalamnya terdapat beberapa nama penulis dan contoh tulisannya. Jadi, agar dapat mengetahui siapakah nama penulis dari tulisan yang dimasukkan, maka database tersebut digunakan untuk mengetahui hal tersebut.

Sebelum membuat flowchart tersebut, terlebih dahulu kita buat algoritma permasalahannya. Berikut ini adalah algoritma dari permasalahan dalam mendeteksi tulisan tangan seseorang.
1.      Menginputkan data tulisan dari user/pengguna
2.      Melakukan pengecekan pada database terhadap tulisan tersebut, baik bentuk, ukuran, tekanan, maupun kecepatannya
3.      Menampilkan nama penulis dari tulisan tersebut berdasarkan pengecekan yang telah dilakukan

Berdasarkan algoritma tersebut, maka dapat dibuat bagan flowchartnya. Berikut ini adalah flowchart dari penerapan sistem cerdas dalam mendeteksi tulisan tangan seseorang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar